Integrasi dalam Sistem Pembelajaran di Pesantren
Abstract
<p class="16bIsiAbstrak">Pembelajaran mata pelajaran umum di pesantren merupakan salah satu bentuk integrasi sistem pembelajaran madrasah dengan pesantren dalam upaya meningkatkan lulusan pesantren yang bermutu, dan dapat meningkatkan prestasi siswa, meningkatkan popularitas, meningkatkan daya saing baik itu lembaga maupun lulusannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan prestasi mata pelajaran umum dipesantren, untuk itu diperlukan suatu sistem pembelajaran yang tepat, karenanya penelitian ini bertujuan: (1) menganalisis tentang respons pimpinan dan santri terhadap diterapkannya integrasi sistem pembelajaran mata pelajaran umum, (2) menjelaskan implementasi integrasi sistem pembelajaran mata pelajaran umum, dan (3) menemukan tingkat kepuasan integrasi sistem pembelajaran mata pelajaran umum. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, sedangkan instrumen dalam penelitian ini adalah angket, wawancara mendalam dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa (1) Respons pimpinan dan santri sangat setuju diterapkan integrasi sistem pembelajaran mata pelajaran umum di pesantren karena meyakini mampu melaksanakan dan memadukan antara pelajaran “umum” dan “agama” secara seimbang dan proporsional, memberi kesempatan untuk berkompetensi, serta mampu menciptakan manusia akademik yang memiliki kompetensi integratif dalam penguasaan pengetahuan agama maupun umum, (2) Dapat dilaksanakan dengan baik dan efektif; mencapai prestasi sesuai dengan tujuan yang tepat dari beberapa pilihan yang telah ditetapkan, efisien, Fleksibel, luwes, mudah, cepat sesuai dengan karakter pesantren, dan (3) Menemukan tingkat kepuasan yang tinggi, seperti; pencapaian hasil belajar, peningkatan kemampuan individu, menentukan kebutuhan pembelajaran, menentukan strategi dalam peningkatan kualitas</p>