HUBUNGAN MUTU PELAYANAN DENGAN MOTIVASI BERKUNJUNG ULANG PADA PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD DEMANG SEPULAU RAYA KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Abstract

Rumah sakit merupakan salah satu institusi yang menyediakan pelayanan kesehatan secara merata dengan mengutamakan sakit yang berorientasi pada kepuasan pelanggan (customer satisfaction). Jumlah kunjungan ulang pasien ke RSUD Demang Sepulau Raya mengalami penurunan, jumlah kunjungan rawat jalan pada tahun 2010 sebesar 2000 (49,4%) dan menurun ditahun 2011 menjadi sebesar 1873 (47,4%), menurun lagi ditahun 2012 menjadi sebesar 1622 (45,2%) dan kemudin menurun lagi ditahun 2013 menjadi sebesar 1583 (44,3%). Tujuan dalam penelitian ini adalah diketahui hubungan mutu pelayanan dengan motivasi berkunjung ulang pada pasien rawat jalan di RSUD Demang Sepulau Raya Kabupaten Lampung Tengah tahun 2014. Jenis penelitian kuantitatif, desain analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah seluruh pasien di Poli Rawat Jalan RSUD Demang Sepulau Raya Kabupaten Lampung Tengah yang di wajibkan kontrol ulang periode Desember 2014 sebesar 98 orang, besar sampel total populasi, teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Analisis data menggunakan uji chi square.  Hasil univariat didapat mutu pelayanan lebih tinggi pada kategori kurang baik sebesar 55 orang (56,1%), motivasi berkunjung ulang pada pasien rawat jalan lebih tinggi pada kategori rendah sebesar 65 orang (66,3%). Hasil uji chi square didapat ada hubungan mutu pelayanan dengan motivasi berkunjung ulang pada pasien rawat jalan (p value =  0,002 < 0,05). Diharapkan petugas kesehatan RSUD Demang Sepulau Raya Kabupaten Lampung Tengah untuk meningkatkan motivasi pasien agar mau berobat secara teratur. Selain itu perlu dilakukan evaluasi mutu pelayanan kesehatan secara periodik untuk memastikan apakah mutu pelayanan kesehatan yang diberikan petugas kesehatan konsisten dan sesuai standar rumah sakit serta mampu memenuhi kepuasan pasien.