HUBUNGAN KINERJA PERAWAT PELAKSANA DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP PENYAKIT DALAM RS PERTAMINA BINTANG AMIN BANDAR LAMPUNG TAHUN 2016
Abstract
Kinerja (prestasi kerja) merupakan hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya atau pasien. Hasil prasurvey terhadap 10 pasien di Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam RS Pertamina Bintang Amin diketahui bahwa sebanyak 7 pasien (70%) mengatakan tidak puas terhadap kinerja perawat. Tujuan dari penelitian ini adalah diketahui hubungan kinerja perawat pelaksana dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam RS Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung Tahun 2016.Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap penyakit dalam RS Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung sejumlah 219 pasien.Sampel 142 orang.Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisa data yang digunakan uji chi squareHasil penelitian menunjukkandistribusi frekuensi responden menyatakan kinerja perawat dalam kategori baik, yaitu sebanyak 77 responden (54.2%).Distribusi frekuensi responden menyatakan tidak puas, yaitu sebanyak 78 responden (54.9%).Ada hubungan kinerja perawat pelaksana dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap penyakit dalam RS Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung Tahun 2016 (p value 0,001, OR 3,4). Saran dalam penelitian diharapkan pihak rumah sakit meningkatkan kinerja perawat dengan melakukan evaluasi kinerja perawat dengan survey kepuasan pada pasien dan memberikan reward pada perawat yang mendapatkan penilaian terbaik.