Penerapan Model Pebelajaran Learning Cycle 7E Berbantuan Website Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Kinematika Gerak Lurus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang penerapan model pembelajaran learning cycle 7E berbantuan website pada materi kinematika gerak lurus dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode quasi eksperiment dengan desain therandomized pretest–posttest control group design.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA (matematikadan ilmu pengetahuan alam) pada salah satu SMA di Kota Bandung dengan sampel sebanyak dua kelas yang dipilih dengan metoderandomized sampling class.Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest dan posttest untuk mengukur peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t(independent sample t test) pada skor rata-rata gain yang dinormalisasi <g>pada keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata gain yang dinormalisasi <g> keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen sebesar 0,69 dengan kategori sedang sedangkan kelas kontrol sebesar 0,59 dengan kategori sedang. Pada setiap aspek keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol.sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran learning cycle 7E berbantuan website secara signifikan dapat lebih meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa daripada penerapan model pembelajaran learning cycle 7E tanpa berbantuan websitepada materi kinematika gerak lurus.