Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Example Non Example di Kelas IV A Sekolah Dasar Negeri 005 Padangluas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan metode pembelajaran Example non Example pada jurusan Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV 005 SD Negeri Padang Luas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian in merupoakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap dalam setiap siklus, yaitu, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap pertemuan terdiri dari 2 pertemuan. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa dengan total 15 siswa. Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori belum mencapai kriteria ketuntasan minimal sebesar 40%, dengan penerapan metode Example non Example setelah penerapan siklus 1, telah meningkat 60% dan masih belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. nilai. Pada siklus 2 hasil belajar meningkat secara signifikan menjadi 96,66%, artinya hasil belajar siswa secara klasik dapat meningkat dengan penerapan metode Example non Example.