Pengaruh Lingkungan Negatif Terhadap Kedisiplinan Siswa SD Negeri 134 Pekanbaru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui  seberapa besarnya Pengaruh lingkungan n negatif pada  Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah terhadap Kedisiplinan belajar Siswa. Tujauannya untuk meningkatkan kedisiplinan siswa – siswa serta melaksanakan tatatertib sekolah dengan baik.SD Negeri 134 Pekanbaru .Metode yang digunakan adalah Mix Methode Penelitian dilaksanakan   di Sekolah Dasar Negeri 134 Pekanbaru , dengan teknik pengambilan sampel secara simple random sampling dan wawancara didapat sampel sebanyak 20 orang siswa dari kelas 4,5 dan 6. Instrumen tata tertib dan kedisiplinan belajar siswa berupa lembar pertanyaan (angket) yang disebarkan kepada responden.Hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh lingkungan negative terhadap tata tertib sekolah yang signifikan terhadap kedisiplinan belajar siswa.Analisis data  variable terikat dan variable terbuka  .Hasil analisis penelitian deskritif menunjukan bahwa 1) pengaruh lingkungan keluarga sangat berperan penting dalam menanamkan kedisipilan anak , 2) pengaruh lingkungan masyarakat yaitu lingkungan negatif  di sekitar rumah menjadi kendala dalam penerapan kedisiplinan di sekolah,  3) pengaruh pelaksanaan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan siswa di SD Negerin 134 Pekanbaru .artinya  jika baik  pengaruh lingkungan  keluarga dan masyarakat  maka  penerapan kedisiplinan  dan tata tertib yang ada di sekolah akan mudah di terapakan, kediisiplinan berpengaruh kepada pelaksanaan tata tertib sekolahserta  terhadap kedisiplinan belajar siswa.