Penerapan Model Pebelajaran Learning Cycle 7E Berbantuan Website Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Kinematika Gerak Lurus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang penerapanmodel pembelajaran learning cycle 7E berbantuan website pada materikinematika gerak lurus dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritissiswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode quasi eksperimentdengan desain therandomized pretest–posttest control group design.Populasipenelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA (matematikadan ilmupengetahuan alam) pada salah satu SMA di Kota Bandung dengan sampelsebanyak dua kelas yang dipilih dengan metoderandomized samplingclass.Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest dan posttestuntuk mengukur peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Ujihipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t(independent sample t test) pada skor rata-rata gain yang dinormalisasi <g>pada keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata gain yang dinormalisasi <g> keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen sebesar 0,69 dengan kategori sedang sedangkan kelas kontrol sebesar 0,59 dengan kategori sedang. Pada setiap aspek keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol.sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran learning cycle 7E berbantuan website secara signifikan dapat lebih meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa daripada penerapan model pembelajaran learning cycle 7E tanpa berbantuan websitepada materi kinematika gerak lurus.