PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 PALEMBANG
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa melalui Model pembelajaran Children’s Learning In Science (CLIS) di kelas XI IPA A SMA Negeri 3 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak tiga siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes akhir siklus. Lembar observasi yang digunakan yaitu tes penilaian kinerja untuk mengetahui proses kegiatan belajar mengajar yang berupa kegiatan Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa dan tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data hasil observasi menunjukkan rata-rata kinerja KPS siswa pada siklus I (T1) yaitu sebesar 71,31% dengan keterampilan proses mengamati sebesar 78,95%, mengelompokkan sebesar 95% dan mengkomunikasikan sebesar 40%. Rata-rata kinenrja KPS siswa siklus II (T2) yaitu sebesar 74,61% dengan keterampilan proses mengamati sebesar 80,75%, mengelompokkan sebesar 100% dan mengkomunikasikan sebesar 43,08%. Rata-rata kinerja KPS siswa pada siklus III (T3) yaitu sebesar 82,73% dengan keterampilan proses mengamati sebesar 93,19%, mengelompokkan sebesar 100% dan mengkomunikasikan sebesar 55%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum diberi tindakan (T0) sebesar 59,53 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 21,87%, sedangkan setelah diberikan tindakan pada siklus satu (T1) nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 67,95 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 43,33 %, pada siklus dua (T2) diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 76,25 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 62,63 % dan pada siklus tiga (T3) nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 81,71 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 87,50%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran CLIS dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa. Kata kunci: Model Pembelajaran, Children’s Learning In Science, CLIS, Hasil Belajar Siswa