PERAN PENDIDIKAN IN-FORMAL DALAM MENDIDIK ANAK PADA KELUARGA BROKEN HOME DI KELURAHAN BUKIT LAMA KOTA PALEMBANG

Abstract

Judul Penelitian ini “peran pendidikan In-formal dalam mendidik anak pada keluarga broken home di Kelurahan Bukit Lama Palembang” Berdasarkan hasil observasi, Kurangnya perhatian orang tua terhadap anak terlihat orang tua yang selalu sibuk dalam melaksanakan pekerjaannya, Kurangnya pengawasan orang tua dalam pergaulan anak, Tidak adanya tanggung jawab orang tua terhadap anak terlihat dari pendidikan orang tua yang hanya tamatan Sekolah Dasar (SD) sehingga pemahamannya tentang cara mendidik anaknya kurang baik, Hilangnya kehangatan antara orang tua dan anak, kurangnya komunikasi diantara anggota keluarga menyebabkan hilangnya kehangatan didalam keluarga antara orang tua dan anak, Kebutuhan yang belum terpenuhi yang membuat orang tua sering terjadinya perbedaan pendapat dengan anak. Dengan masalah Bagaimana peran pendidikan In-formal dalam mendidik anak pada keluarga broken home di Kelurahan Bukit Lama Kota Palembang?, Apa faktor-faktor yang mempengaruhi keluarga broken home di Kelurahan Bukit Lama Kota Palembang ?, Bagaimana upaya untuk mengatasi keluarga broken home di Kelurahan Bukit Lama Kota Palembang ?. Maka tujuanya untuk mengetahui peran pendidikan In-formal dalam mendidik anak pada keluarga broken home di Kelurahan Bukit Lama Kota Palembang, untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keluarga broken home di Kelurahan Bukit Lama Kota Palembang, untuk mengetahui upaya mengatasi keluarga broken home di Kelurahan Bukit Lama Kota Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan fakta di lapangan, Sumber data sekunder yaitu data penunjang di dalam penelitian ini, seperti buku-buku, internet, serta bahan kepustakaan lain yang ada relevensinya dengan penelitian ini, maka peneliti menggunakan alat pengumpul data yang berupa observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sumber data (informan) meliputi data primer dan data sekunder yaitu data  yang didapatkan langsung dari sumber data melalui informan yaitu orang tua (yang mengalami keluarga broken home) dan anak usia 6-12 tahun (yang menjadi korban keluarga broken home). Hasil dari penelitian yang peneliti lakukan, yaitu mendidik anak pada keluarga broken home di Kelurahan Bukit Lama Palembang ialah orang tua menjadi suri tauladan yang baik, orang tua sebagai pendidik, orang tua sebagai pembimbing, orang tua sebagai pengawas, dan  orang tua sebagai motivasi