KORELASI PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK DENGAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI MADRASAH ALIYAH SUNAN GUNUNG JATI GURAH KEDIRI

Abstract

Penelitian ini membahas tentang korelasi antara prestasi belajar akidah akhlak dengan perilaku keagamaan di MA Sunan Gunung Jati Gurah Kediri dengan menjadikan seluruh siswanya sebagai objek penelitian. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rumusan masalah apakah ada korelasi antara prestasi belajar akidah akhlak dengan perilaku keagamaan siswa serta bagaimana perilaku keagamaan siswa dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan perilaku keagamaan terhadap Allah ataupun terhadap sesama makhluk. Studi penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan (1) bagaimanakah prestasi belajar akidah akhlak siswa di MA Sunan Gunung Jati Gurah, (2) bagaimanakah perilaku keagamaan siswa (3) apakah ada korelasi antara prestasi belajar akidah akhlak dengan perilaku keagamaan siswa di MA Sunan Gunung Jati Gurah Kediri. Permasalahan tersebut di atas dibahas melalui sebuah penelitian korelatif atau penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MA Sunan Gunung Jati Gurah Kediri. Di dalam penelitian ini proses pengumpulan datanya diperoleh dengan cara angket, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan mengggunakan pendekatan rumus statistik product moment. Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) prestasi belajar akidah akhlak siswa MA Sunan Gunung Jati secara umum cukup baik, ini dilihat dari nilai yang terdapat dalam rapot siswa menunjukkan bahwa hasil belajar akidah akhlak siswa dengan kategori sangat baik ada 1 siswa, 12 siswa dengan kategori baik, 41 siswa dengan kategori cukup, 32 siswa dengan kategori kurang dan 2 siswa dengan kategori sangat kurang. (2) perilaku keagamaan siswa di MA Sunan Gunung Jati cukup baik, perilaku yang ditunjukkan oleh anak seperti berdoa setiap melaksanakan segala sesuatu, berbakti kepada orang tua dan perbuatan-perbuatan yang sesuai dengan ajaran yang telah diterima dalam pembelajaran akidah akhlak. Data menunjukkan 3 siswa kategori perilaku keagamaannya sangat baik, 20 siswa dengan kategori baik, dan 29 siswa dengan kategori cukup baik dan 21 siswa dinyatakan kurang dan 14 siswa dengan katagori sangat kurang. (3) adanya korelasi yang sangat rendah antara prestasi belajar akidah akhlak dengan perilaku keagamaan siswa. Ini dapat dibuktikan dengan hasil penelitian yang meyatakan rxy =0,148 yaitu korelasi positif. sehingga semakin tinggi prestasi belajar akidah akhlak siswa semakin baik perilaku keagamaan siswa. Kata kunci: Korelasi, prestasi dan perilaku keagamaan