METODE PEMBELAJARAN DALAM PERSPEKTIF HADIS NABI

Abstract

Pembelajaran merupakan perubahan tingkah laku atau penampilan seseorang melalui serangkaian kegiatan membaca, mengamati, meniru dan mengikuti arahan. Pembelajaran akan lebih baik jika subyek belajar mengalami sendiri apa (materi) yang dibelajarkannya, sehingga proses transfer ilmu tidak bersifat verbalistik tetapi bersifat pengalaman individual (teacher’s experience). Sementara proses transfer ilmu ke objek -dalam batas tertentu- membutuhkan metode dan teknis operasional, agar capaian pembelajaran dapat diperoleh secara maksimal. Masa Nabi adalah masa yang singkat dalam proses transfer ilmu (hadis). Masa ini menuntut keseriusan dan kehati-hatian para sahabat sebagai generasi pertama pewaris ajaran Islam dan penerima pertama sumber hukum Islam yang kedua (hadis), karena di tangan merekalah hadis harus terjaga dan tersebar kepada pewaris selanjutnya secara simultan dan berkesinambungan. Penyampaian dan penyebaran hadis dimulai dari proses pembelajaran Nabi kepada para sahabatnya sehingga metode pembelajaran Nabi perlu dikaji. Terkait dengan persoalan ini, perlu dibahas beberapa hal: (a) bagaimana perkembangan hadis pada masa Nabi; (b) bagaimana keadaan pembelajaran hadis pada masa Nabi; dan (c) bagaimana metode pembelajaran Nabi dalam proses penyebaran hadis kepada murid-muridnya (sahabatnya).  Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan beberapa hal berikut: (1) Hadis yang diterima sahabat tertentu (setelah mendapat pembelajaran dari Nabi)  disebarluaskan kepada orang lain. Para sahabat sibuk mengkaji hadis disamping kesibukan harian untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Bagi sahabat yang tidak bisa selalu hadir di majlis Nabi, melakukan perjanjian sesama mereka untuk bergantian datang di majlis Nabi. Dengan begitu, hadis berkembang dari mulut ke mulut hingga dapat terwariskan kepada generasi sesudah mereka, bahkan sampai hari ini; (2) Pembelajaran hadis dilakukan sejak permulaan wahyu turun, yakni ketika Nabi masih di Makkah, sekalipun hanya terfokus pada sedikit tempat. Sedang ketika di Madinah, dakwah Nabi tidak hanya terfokus pada sedikit tempat melainkan banyak tempat, artinya dimana ada kesempatan dakwah maka di situ hadis dibelajarkan; (3)  Pembelajaran Nabi dilakukan melalui tahapan yang bersifat gradual, dengan cara elegan, bersifat variatif, melalui keteladanan dalam kehidupan praktis, selalu mempermudah umat (murid-muridnya) dalam mengikuti pembelajarannya, dan tidak diskriminatif. Artinya, pembelajaran Nabi tidak terbatas pada kaum dengan level tertentu, usia tertentu dan jenis kelamin tertentu, karena tugas Nabi adalah melakukan pencerahan untuk semua umat.