Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Web Dalam Menunjang Kegiatan Belajar Pada Prodi Pendidikan Fisika Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Abstract

Ketersedian buku yang sedikit sebagai sumber belajar utama merupakan aspek yang membuat kegiatan belajar menjadi tidak maksimal. Di sisi lain, saat ini ketersedian jaringan internet lebih mudah diakses dari pada sebuah buku. Pemanfaatan internet sebagai media sumber belajar menjadi menarik dilakukan karena akses yang mudah dan biaya yang murah. Oleh karena itu, dilakukan penelitian pengembangan sumber belajar berbasis web dalam menunjang kegiatan belajar pada Prodi Pendidikan Fisika UIN Raden Fatah. Metode yang digunakan adalah Research & Development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall oleh Puslitjaknov. Terdapat 4 tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu analisis produk, pengembangan produk awal, validasi ahli dan uji coba lapangan skala kecil. Produk dievaluasi dari aspek kelayakan sumber belajar yang terdiri dari kelayakan penyajian, kabahasaan, dan kegrafikan serta respon mahasiswa terhadap sumber belajar yang dikembangkan. Hasil kelayakan sumber belajar yang dilakukan oleh ahli terhadap kelayakan penyajian, kelayakan kebahasaan, dan kelayakan kegrafikan berada pada kriteria “sangat layak” dengan hasil penilaian dalam persentase masing-masing yaitu 87,50%; 94,44%; dan 81,81%. Kemudian melalui uji respon mahasiswa terhadap produk diperoleh penilaian pada aspek kemenarikan, bahasa, dan materi pada kriteria “sangat baik” dengan persentase nilai masing-masing 86,81%; 88,19%; dan 89,58%. Harapannya dengan kelayakan dan respon yang sangat baik oleh pengguna maka sumber belajar berbasis web ini dapat digunakan sebagai sumber belajar utama oleh mahasiswa.