OPTIMALISASI MEDIA PEMBELAJARAN ( BUKTI NYATA PENANAMAN NILAI AGAMA DAN LANGKAH PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM )

Abstract

Media pembelajaran merupakan sarana yang esensial dalam proses komunikasi, dimana peranannya untuk menyampaikan pesan dan materi yang diolah oleh pengirim pesan kepada penerima pesan. Dalam kacamata pendidikan, media berfungsi sebagai sarana penjelas dan pembantu untuk memahami materi yang disampaikan dalam proses interaksi dan komunikasi yang terjadi dalam pembelajaran. Media bisa berbentuk audio, visual, maupun audiovisual, dimana penggunaannya disesuaikan dengan tingkat kebutuhan pada pembelajar, juga tingkat psikologi belajar pada usia mereka. Urgensitasnya perlu mendapatkan perhatian yang serius di lingkup pendidikan agama Islam, dimana dalam pendidikan agama Islam sering terjadi proses pembelajaran klasikal (konvensional), tanpa ditemukannya media yang tepat dan inovatif. Padahal spirit penggunaan media telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Ketika proses dakwah beliau dan penanaman nilai – nilai agama Islam. Bahkan Al Qur’an dalam ayat – ayat-Nya menganjurkan untuk memilih media yang sesuai guna mencapai tujuan dalam segala aspek kehidupan, termasuk dalam hal pendidikan. Pemakaian media yang tepat dan inovatif akan menciptakan minat belajar siswa, menyambungkan pesan secara emosional, meningkatkan daya ingat, dan semua itu merupakan kondisi psikologis pembelajar yang sudah semestinya menjadi fokus perhatian setiap pendidik. Karena pembelajar adalah tolak ukur keberhasilan suatu proses pembelajaran secara komprehensif. Kata Kunci : Media, Pembelajaran Agama, Penanaman Nilai