Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Berbahasa Jawa (Geguritan) Melalui Media VCD Peristiwa Menyentuh Hati dan Teknik Tangpitu (tangkap, pikir, tulis) pada Siswa Kelas IXA SMP Negeri 1 Weleri Tahun Ajaran 2012/2013

Abstract

Berdasar kurikulum Mulok bahasa Jawa, melalui pembelajaran bahasa Jawa diharapkan siswa terampil mengemukakan gagasan dan perasaannya secara lisan maupun tulis melalui pengembangan keterampilan imajinatif. Salah satu keterampilan imajinatif tersebut yakni menulis puisi berbahasa Jawa (geguritan). Kenyataan di lapangan menunjukkan siswa kelas IXA SMP Negeri 1 Weleri pada tahun ajaran 2012/2013 banyak yang mengalami kesulitan dalam menulis geguritan. Kesulitan tersebut berupa pengembangan imajinasi terhadap peristiwa yang dialami dan dilihatnya. Kondisi awal menunjukkan dari 27 siswa, baru 14 siswa yang dapat menulis geguritan dengan baik. Ini berarti ketuntasan belajar belum tercapai karena ketuntasan baru 51,83%, sedangkan ketuntasan belajar dikatakan tercapai jika sebesar 85%. Rendahnya keterampilan siswa dalam menulis geguritan dikarenakan kurangnya pemahaman siswa tentang geguritan dan cara penulisannya serta guru tidak menggunakan media dan teknik pembelajaran yang dapat menumbuhkan kreativitas dan mempermudah pengimajinasian peristiwa. Berdasar hal tersebut, dalam penelitian ini dikaji dua permasalahan, yakni: (1) berapa besar peningkatan keterampilan menulis puisi berbahasa Jawa (geguritan) siswa kelas IXA SMP Negeri 1 Weleri tahun ajaran 2013/2013 dengan menggunakan media VCD peristiwa menyentuh hati dan teknik tangpitu (tangkap, pikir, tulis)? dan (2) bagaimana perubahan perilaku belajar siswa kelas IXA SMP Negeri 1 Weleri tahun ajaran 2013/2013 setelah digunakan media VCD peristiwa menyentuh hati dan teknik tangpitu (tangkap, pikir, tulis)? Sesuai dengan permasalahan, penelitian ini bertujuan menentukan besaran peningkatan keterampilan menulis puisi berbahasa Jawa (geguritan) siswa kelas IXA SMP Negeri 1 Weleri tahun ajaran 2013/2013 dengan menggunakan media VCD peristiwa yang menyentuh hati dan teknik tangpitu (tangkap, pikir, tulis) dan mendeskripsi perubahan perilaku belajar siswa kelas IXA SMP Negeri 1 Weleri tahun ajaran 2013/2013 setelah digunakan media VCD peristiwa menyentuh hati dan teknik tangpitu (tangkap, pikir, tulis). Dari analisis data secara kuantitatif menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis geguritan dengan menggunakan media VCD peristiwa yang menyentuh hati dan teknik tangpitu (tangkap, pikir, tulis). Pada tahap pra-siklus nilai rata-rata hasil tes mencapai 77,56. Hal tersebut meningkat sebesar 63,95% pada siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 82,52. Kekurangan pada siklus I adalah kurang maksimalnya siswa dalam menghayati isi. Pada siklus II hasil tersebut meningkat sebesar 51,99% dengan nilai rata-rata sebesar 86,81. Dari analisis data secara kualitatif diperoleh hasil sebagian besar siswa tertarik dengan teknik dan media yang digunakan dalam penelitian ini. Berdasar hasil penelitian, peneliti menyarankan guru dapat menggunakan menggunakan media VCD peristiwa yang menyentuh hati dan teknik tangpitu (tangkap, pikir, tulis) dalam pembelajaran menulis geguritan agar mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis geguritan. Kata kunci: keterampilan menulis, geguritan, media VCD peristiwa menyentuh hati dan teknik tangpitu (tangkap, pikir, tulis)