PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN READING DAN WRITING NARRATIVE TEXT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING di KELAS XI IPA1 SMA NEGERI 2 REMBANG
Abstract
Keterampilan membaca dan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang perlu mendapat perhatian dalam pembelajaran di sekolah. Permasalahan dalam proses pembelajaran di lokasi penelitian yakni rendahnya semangat dan motivasi belajar siswa, kurang adanya kerjasama antar siswa dalam kelas untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu dalam pembelajaran. Fenomena tersebut memotivasi peneliti untuk mengadakan penelitian tindakan kelas yakni untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran reading dan writing narative text pada siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 2 Rembang dengan menggunakan model cooperative learning”. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap siklus I dan siklus II. Hasil tes keterampilan membaca dan menulis narrative text siswa pada siklus I secara klasikal mencapai nilai rata-rata 75%. Persentase ketuntasan yang dicapai pada siklus I masih belum memenuhi batas ketuntasan yang ditentukan, yaitu 100%, oleh karena itu, masih diperlukan perbaikan pada siklus II. Setelah dilaksanakan perbaikan pada siklus II maka diperoleh hasil tes keterampilan menulis dan membaca narrative text secara klasikal mencapai nilai rata-rata 81.74 atau berkategori baik dan telah mencapai ketuntasan sebesar 100% sesuai dengan indikator kinerja yang direncanakan. Rata-rata nilai pada siklus II ini menunjukkan peningkatan sebesar 4.01 poin dibandingkan dengan rata-rata nilai pada siklus I dan dibandingkan dengan rata-rata nilai pada prasiklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan siswa dalam membaca dan menulis narrative text telah mencapai target ketuntasan 100% Kata Kunci: Hasil belajar, Reading dan writing Narrative text, Cooperative Learning