PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

Abstract

ABSTRAKPenanaman nilai-nilai pendidikan karakter di masing-masing lembaga pendidikan Islam tentunya tidak akan sama, karena lembaga satu dengan lainnya mempunyai visi dan misi yang berbeda, atas dasar visi dan misi itulah pendidikan karakter dibuat. Penelitian ini memfokuskan pada pelaksanaan penanaman nilai-nilai karakter di  MA Riyadlus Sholihin Al Islamy Kelurahan Ngijo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang dengan menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan penanaman nilai-nilai karakter di MA Riyadlus Sholihin Al Islamy Gunungpati yang notabenenya berada dinaungan Pondok Pesantren, nilai-nilai karakternya tidak jauh dari karakter pondok pesantren itu sendiri, yaitu melalui dzikir Rothib Al Hadad, jama’ah sholat Dhuha dan tartilan alQur’an yang dirangkai dalam kegiatan rutinitas harian sebelum KBM berlangsung.Kata Kunci:     pendidikan karakter, pondok pesantren, lembaga pendidikan Islam  AbstractImplementation of characteristic values in each Islamic education institute is never similiar, because an institute and others having their own vision and mision. Based on that vision and mision, characteristic education is made. The writer focus on the implementation of characteristic values and its application in MA Riyadlus Sholihin Al Islami, Ngijo, Gunungpati, Semarang using phenomenology kualitatif approach. The result of this study shows that the implementation of characteristic values in MA Riyadlus Sholihin Al Islamy which is its management under Pondok Pesantren, its characteristic values almost the same with its pondok pesantren itself, such as by dzikir Rothib Al Hadad, praying Dhuha together and reciting Al Quran which conduct as daily activity before teaching learning process.Keywords: characteristic education, pondok pesantren, Islamic education institute