PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MANAJEMEN BUDAYA ISLAMI BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP ISLAM SULTAN AGUNG (ISSA) 1 SEROJA SEMARANG

Abstract

Kenakalan anak usia sekolah menjadi sebuah permasalahan yang perlu dicari solusinya. Hal ini merupakan tantangan sekaligus peluang bagi lembaga pendidikan Islam untuk berperan dalam mengatasi permasalahan tersebut. SMP Islam Sultan Agung 1 menerapkan Budaya Sekolah Islami (BUSI) berbasis pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran kepala sekolah dalam perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi Manajemen BUSI berbasis pendidikan karakter di SMP Islam Sultan Agung 1 Seroja Semarang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data mengacu pada Miles dan Huberman, yaitu Reduksi, display dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut 1) Peran Kepala Sekolah dalam perencanaan BUSI berbasis pendidikan karakter di SMP Islam  Sultan Agung 1 Seroja Semarang tidak sesuai dengan Banghart & Trull. 2) Peran Kepala Sekolah dalam pelaksanaan BUSI berbasis pendidikan karakter di SMP Islam  Sultan Agung 1 Seroja Semarang masih belum maksimal karena belum mampu mengkoordinir dengan baik dalam pengawasan pelaksanaan program 3) Peran Kepala Sekolah dalam pelaksanaan BUSI berbasis pendidikan karakter di SMP Islam  Sultan Agung 1 Seroja Semarang tidak sesuai dengan Nanang Fattah karena hanya melakukan evaluasi pada populasi sasaran, sistem penyampaiannya, efek yang mengacaukan, hasil netto dan skokastik. Sedangkan evaluasi  secara komperehansif, cost benefit analisys, perencanaan belum dilakukan.Kata  Kunci : Peran Kepala Sekolah, Manajemen Budaya Sekolah Islami.