MANAJEMEN KURIKULUM DI SMP ALTERNATIF QARYAH THAYYIBAH KELURAHAN KALIBENING KECAMATAN TINGKIR KOTA SALATIGA

Abstract

AbstrakKurikulum merupakan suatu program pendidikan yang disediakan untukkegiatan pembelajaran bagi siswa. Kurikulum pada dasarnya tidak terbataspada sejumlah mata pelajaran saja, melainkan meliputi segala sesuatu yangdapat mempengaruhi perkembangan siswa, seperti bangunan sekolah, alatpelajaran, perlengkapan, perpustakaan, gambar-gambar, halaman sekolah, danlain-lain, yang pada gilirannya menyediakan kemungkinan belajar secara efektif.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen kurikulumdi SMP Alternatif Qaryah Thayyibah. Berdasarkan hasil penelitian di SMPQaryah Thayyibah dapat diketahui bahwa implementasi manajemen kurikulumtidak menggunakan standar kurikulum nasional, melainkan membuat desainkurikuluim tersendiri, sesuai dengan pengantar buku pendidikan AlternatifQaryah Thayyibah. SMP Alternatif Qaryah Thayyibah dalammengimplementasikan kurikulum lebih mengedepankan kebutuhan, terutamaditekankan pada kebutuhan belajar peserta didik.Kata Kunci: Implementasi, manajemen, kurikulumAbstractCurriculum is an educational program that provided for the learningactivities for students. Curriculum is basically limited to the number of subjectsonly, but includes everything that can affect the development of students, such asschool buildings, learning tool, equipment, libraries, pictures, school yard, andothers, which in turn provides the possibility to learn effectively. This study aims todetermine the implementation of the curriculum at junior managementAlternative Thayyibah Qaryah. Based on the results of research in QaryahThayyibah SMP can be seen that the implementation of curriculum managementdoes not use a standard national curriculum, but makes its own kurikuluim design,according to the introduction to the book Alternative education QaryahThayyibah. Alternative SMP Qaryah Thayyibah in implementing the curriculumemphasizes the need, especially the emphasis on the needs of learners.Keywords: implementation, management, curriculum