JARINGAN SOSIAL PENGUSAHA KOPI BUBUK DI KECAMATAN ENREKANG KABUPATEN ENREKANG

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan jaringan sosial yang mengikat dalam pengembangan kemajuan dan pemasaran suatu usaha pada pengusaha kopi bubuk di Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang. Metode yang digunakan yaitu kualitatif, dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Kriteria informan yaitu 3 pengusaha kopi bubuk dengan merk yang banyak disukai masyarakat di kecamatan Enrekang dan masing-masing jaringan sosialnya seperti petani kopi, pedagang kopi, dan konsumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian ini adalah Peran jaringan sosial pada pengusaha kopi bubuk yaitu peran yang dilakukan tiap-tiap aktor yang memiliki ketergantungan kepentingan.