Potensi Masuknya Pesaing Baru Dan Potensi Pengembangan Produk Pengganti Batik UKM Di Malang Dan Batu
Abstract
Penelitian ini bertujuan menjelaskan dan menganalisis potensi masuknya pesaing baru dan potensi pengembangan produk pengganti batik di Malang. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi untuk mendeskripskan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, dan persepsi pengusaha batik. Implikasi proses penelitian ini akan menghasilkan temuan penelitian sebagai berikut, pertama pelaku UKM batik dihadapkan oleh adanya usaha batik lain yang memproduksi batik printing dan batik celup. Batik printing dan batik celup diproduksi dalam jumlah yang banyak dengan waktu proses yang cepat dan harga yang sangat murah sehingga pengusaha batik tradisional menghadapi persaingan dengan cara mempertahankan dan meningkatkan kualitas batik serta menerapkan strategi harga yang sesuai. Kedua, lingkungan industri yang dinamis memicu sebagian pelaku UKM untuk melakukan inovasi sebagai upaya mempertahankan eksistensi dalam dunia batik. Ketiga, terjadi pergeseran nilai seni budaya batik, baik dari segi motif, maupun filosofinya karena tuntutan permintaan pasar dan kebutuhan ekonomiKata kunci: potensi masuknya pesaing baru, potensi pegembangan produk pengganti, fenomena inovasi, UKM batik