Mendeteksi Perilaku Kecurangan Akademik Dengan Perspektif Fraud Diamond Theory

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah secara simultan dan parsial teori fraud diamond yang terdiri dari tekanan, peluang, rasionalisasi dan kemampuan mempengaruhi tindakan kecurangan akademik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara langsung kepada responden. Penelitian ini mengambil sampel mahasiswa S1 Jurusan Akuntansi di Universitas Islam Malang. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah secara simultan teori fraud diamond (tekanan, peluang, rasionalisasi dan kemampuan) berpengaruh secara positif signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik. Secara parsial tekanan tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik, secara parsial kesempatan berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik, secara parsial rasionalisasi berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik, dan secara parsial kemampuan berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik. Namun diantara empat teori tersebut rasionalisasi yang paling dipilih oleh responden yang memiliki potensi terhadap perilaku kecurangan akademik. Hasil penelitian ini dapat memberikan masukan kepada pada pendidik agar dapat meminimalisirkan perilaku kecurangan akademik.