Efektifitas Penggunaan Strategi Resources-processing, Compensation dan Input-output Processing untuk Meningkatkan Ketrampilan Mendengarkan Bahasa Inggris

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui adakah pengaruh pengajaran berbasis-strategi pada kemajuan mahasiswa dalam ketrampilan mendengarkan. Adapun strategi yang dipakai meliputi strategi Resources-processing, Compensation dan Input-output Processing yang diambil dari Posteriori Taxonomy of Strategies of Learning English Listening Skill. Desain penelitian adalah jenis kuasi-eksperimen. Sebelum menentukan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, kedua kelompok diberi pretes untuk mengetahui kemampuan awal mahasiswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa kedua kelompok mempunyai kemampuan awal yang tidak berbeda. Selanjutnya, kelompok eksperimen diberi pengajaran berbasis-strategi (tiga strategi), dan kelompok kontrol diberi pengajaran metode dan instruksi tradisional. Pemberian postes ditujukan untuk mengetahui hasil pengajaran pada kedua kelompok. Hasil analisis statistik mengindikasikan bahwa kelompok eksperimen (M=68.00, SD=9.88) lebih unggul dari dan kelompok kontrol (M=59.13, SD=16.67). Selain itu, nilai t (46)=2.243, p=.008 menginterpretasikan bahwa ada perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Berkaitan dengan besarnya efek pengajaran pada kedua kelompok, perbedaan pada nilai rata-rata dikategorikan sedang/moderat (eta-squared=.09)