Penggunaan Isu-Isu Pendidikan Terkini Dalam Mata Kuliah Profesi Keguruan di Universitas Islam Malang

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap fenomena mahasiswa semester 3 UNISMA yang menjadi lebih aktif dan kritis saat peneliti memberikan isu-isu pendidikan terkini dalam mata kuliah Profesi Keguruan, yang biasanya hanya berupa teori-teori pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kualitatif deskriptif fenomenologis dengan teknik pengumpulan data yaitu angket terbuka dan wawancara mendalam. Hasil penelitiannya adalah 1) Isu-Isu pendidikan terkini perlu diangkat karena; a) calon guru harus selalu up to date; b) dapat digunakan sebagai bahan refleksi diri; c) membentuk calon guru yang lebih ideal; d menumbuhkan pemikiran kritis. 2) Isu-isu pendidikan terkini yang harus dibahas dalam mata kuliah profesi keguruan; a) Perilaku dan Etika Guru; b) Hubungan Guru dengan Masyarakat; c) Undang-undang profesi guru; c) Sistem pendidikan; d) Pengembangan Profesi Keguruan