PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOTEKNOLOGI BERORIENTASI BIOENTREPRENEURSHIP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS, MINAT WIRAUSAHA DAN HASIL BELAJAR SISWA

Abstract

<p>Pembelajaran biologi menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung. Oleh karena itu siswa perlu dibantu untuk mengembangkan sejumlah keterampilan proses sains agar mereka mampu menjelajahi dan memahami alam sekitar tempat tinggal mereka. Sebagian besar lulusan Madrasah Aliyah (MA) Ash Shiddiqiyyah Cirebon tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.  Oleh karena itu siswa perlu diberi pemahaman dan keterampilan wirausaha sebagai bekal diri untuk memulai atau melanjutkan kehidupan secara layak. Permasalahan dalam penelitian adalah bagaimanakah mengembangkan perangkat pembelajaran bioteknologi berorientasi <em>bioentrepreneurship,</em> seberapa besar pengembangan perangkat pembelajaran bioteknologi berorientasi <em>bioentrepreneurship </em>dapat meningkatkan keterampilan proses sains (KPS), minat wirausaha dan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R &amp; D).  Pengembangan  perangkat pembelajaran bioteknologi berorientasi <em>bioentrepreneurship </em>dan diujicobakan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data diambil dengan observasi, angket dan tes. Metode analisis data menggunakan deskriptif persentase skor untuk KPS dan minat wirausaha dan tes dianalisis dengan stastistik parametrik, yaitu uji <em>t- paired samples test</em>.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan perangkat pembelajaran bioteknologi berorientasi <em>bioentrepreneurship</em> dapat meningkatkan KPS sebesar 21,40%, dapat meningkatkan minat wirausaha siswa sebesar 7,30%  dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar  18,85% .   Berdasarkan hasil penelitian dan analisis maka dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran bioteknologi berorientasi <em>bioentrepreneurship </em>yang dikembangkan meliputi silabus, RPP, bahan ajar, LKS dan instrumen yang dilengkapi dengan pembuatan <em>nata de soya</em>, kemasan dan analisis ekonomi produk, selain itu perangkat pembelajaran <em>bioentrepreneurship</em> dapat meningkatkan KPS, minat wirausaha dan hasil belajar siswa.</p>