Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Mengikuti dan Tidak Mengikuti TPA di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mashri Pangkalan Balai

Abstract

Tulisan ini membahas tentang bagaimana hasil belajar Qur’an Hadits siswa yang mengikuti TPA, bagaimana hasil belajar Qur’an Hadits siswa yang tidak mengikuti TPA, adakah perbedaan hasil belajar Qur’an Hadits antara siswa yang mengikuti TPA dengan siswa yang tidak mengikuti TPA. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil belajar siswa yang megikuti TPA dan siswa yang tidak mengikuti TPA pada mata pelajaran Al-Qur’an hadits kelas II di MI Al-Mashri Pangkalan Balai. Setelah melakukan analisis maka didapatlah pencapaian hasil belajar Qur’an Hadits siswa yang mengikuti TPA di MI Al-Mashri Pangkalan Balai tergolong tinggi sebanyak 8 orang (26,67%), yang tergolong sedang sebanyak 16 orang (53,33%),  dan yang tergolong rendah sebanyak 6 orang (20%). Sedangkan pencapaian hasil belajar Qur’an Hadits siswa yang tidak mengikuti TPA di MI AL-Mashri Pangkalan Balai tergolong tinggi sebanyak 8 orang (33 %), yang tergolong sedang sebanyak 11 orang (44%), sedangkan yang tergolong rendah sebanyak 6 orang (24%). Dengan demikian ada perbedaan antara pencapaian hasil belajar Al-Qu’an Hadits siswa yang mengikuti TPA dengan siswa yang tidak mengikuti TPA. Berdasarkan analisa statistik, bahwa t analisa lebih besar dari pada t tabel, yang mana pada taraf signifikansi 5%  di dapat nilai sebesar 2,01 sedangkan pada taraf signifikansi 1%  didapat nilai sebesar 2,68. Dengan demikian dapat dilambangkan 2,01 < 0,64 < 2,68. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang mengikuti TPA dengan siswa yang tidak mengikuti TPA pada mata pelajaranAl-Qur’an Hadits kelas II di MPI Al-Mashri Pangkalan Balai.