Pengaruh Penerapan Metode Peta Konsep (Menggunakan Macromedia Flash) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah Patra Mandiri Plaju Kelas VII

Abstract

Faktor utama yang menentukan keberhasilan proses pembelajaran adalah metode pembelajaran. Penelitian ini membahas tentang penerapan metode peta konsep dengan menggunakan macromedia flash untuk meningkatkan hasil belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Patra Mandiri Plaju Kelas VII. Desain penelitian yang digunakan adalah the pretest-post-test non-equivalent group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII sebanyak 4 kelas. Sampel yang digunakan untuk penelitian 2 kelas, pengambilan sampel ini dengan teknik cluster sampling. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar dengan metode peta konsep dengan menggunakan macromedia flash pada materi Gejala Biotik dan Abiotik di MTs Patra Mandiri Plaju. Hasil ini juga menunjukkan bahwa hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak. Selain itu, berdasarkan analisis uji t pada kelas eksperimen diperoleh nilai 6,243 sedangkan nilai t tabelnya adalah 2,030 yang artinya nilai tersebut menunjukkan bahwa nilai Thitung 6,243>Ttabel 2,030. Maka dapat disimpulkan bahwa metode peta konsep dengan menggunakan macromedia flash mampu