Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Kitab Ahlakul Lil Banin Karya Umar Ibnu Ahmad Barjah
Abstract
Umar Ibnu Ahmad Barjah adalah seorang yang mempunyai Kepandaiannya dalam karya tulis, beliau menguasai bahasa Arab dan sastranya, ilmu tafsir dan Hadits, ilmu fiqih dan tasawuf, ilmu sirah dan tarikh. Ditambah, penguasaan bahasa Belanda dan bahasa Inggris. Salah satu karya besar beliau adalah kitab akhlakul lil banin, secara khusus menyoroti tentang pendidikan akhlak kepada anak, kitab yang sering di jadikan rujukan pada dunia pendidikan terutama dunia pondok pesantren. Berawal dari inilah peneliti melakukan penelitian ribrary research dari kitab akhlakul lil banin dengan menggunakan teknik analisis data, content analisis yang terdiri dari reduksi data, coding, inductive and deductive approaches to coding in qualitative content analysis. Yang mendapatkan kesimpulan tentang pendidikan akhlak perspektif Umar Ibnu Ahmad Barjah dalam kitabnya akhlakul lil banin, yaitu: Pendidikan akhlak menjadi hal yang wajib ditanamkan kepada anak sejak kecil, di mulai dari pendidikan Akhlak kepada Allah, Akhlak kepada Nabi Muhammad SAW, Akhlak kepada kedua orang tua, Akhlak kepada saudara, Akhlak kepada tetangga, Akhlak kepada guru.