NILAI DASAR PENDIDIKAN DALAM AL-QUR’AN

Abstract

Al-Quran sebagai sumber utama dan menjadi petunjuk dalam Islam, tidak bisa hanya dipahami secara normative oleh umat Islam sebagai teks yang mengatur hukum-hukum syar’i dalam bentuk hubungan-hubungan antara tuhan dan manusia semata saja, namun lebih dari itu al-Quran juga harus dipahami sebagai petunjuk yang berisi konsep-konsep jika umat Islam ingin mencapai peradaban yang paripurna. Sebut saja misalkan pendidikan sebagai bagaian terpenting dalam peradaban manusia, al-Qur’an yang merupakan petunjuk mesti hadir sebagai konsep dasar dan pengembangan pendidikan Islam, sehingga peradaban yang hadir sebagai hasil dari usaha pendidikan tidak terlepas dari nilai-nilai Qur’ani. Bila kita selami lebih dalam, kita bisa mendapati cukup banyak ayat-ayat dalam al-Qur’an yang bisa dijadikan landasan berpijak, atau memiliki relevansi yang cukup kuat untuk dijadikan sebagai alasan akan adanya konsep pendidikan dalam Islam, baik itu dari segi keutamaan ilmu, penuntut ilmu sampai bagaimana ayat-ayat al-Qur’an menjelaskan tata cara dalam pendidikan seperti bagaimana Allah memberikan pelajaran bagi Rasul-rasulnya. Oleh sebab itu al-Qur'an sendiri telah memberi isyarat bahwa permasalahan pendidikan sangatlah penting, jika al-Qur'an dikaji lebih mendalam maka kita akan menemukan beberapa prinsip dasar pendidikan, yang selanjutnya bisa kita jadikan inspirsi untuk dikembangkan dalam rangka membangun pendidikan yang bermutu, oleh karenaya para pemikir dan pemerhati pendidikan harus selalu mejadikan al-Qur’an sebagai inspirasi, bahkan gren-teory dalam merumuskan konsep-konsep pendidikan yang bertujuan membina manusia secara pribadi dan kelompok, sehingga mampu menjalankan fungsinya sebagai hamba Allah SWT.