Alat Evaluasi Menggunakan Kahoot pada Pembelajaran Matematika Kelas X
Abstract
Abstract: This research aimed to develop tool of evaluation using KAHOOT to math learning class X. This research method used research and development model (R&D) by using a test instrument development model that includes measuring instrument specifications, statement or question writing, statement or question review, instrument assembly, test, selection and assembly of instruments, instrument administration and scaling and norms writing. The data analysis techniques used expert questionnaire validation and students’ questionnaire response. The results obtained: first, material expert validation got the final percentage of 82% with very reasonable criteria, the media expert got the final percentage of 83% with very reasonable criteria, the linguist got the final percentage of 84% with very reasonable criteria, and the second, the final percentage result of students' response was 81% with very interesting criteria. So it can be concluded that KAHOOT is very suitable to be used in tool of evaluation learning of mathematics Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat evaluasi menggunakan KAHOOT pada pembelajaran matematika kelas X. Metode penelitian ini menggunkaan model research and development (R&D). Dengan menggunakaan model pengengembangan intrumen tes yang meliputi spesifikasi alat ukur, penulisan pernyataan atau pertanyaan, penelaahan pernyataan atau pertanyaan, perakitan instrumen, uji coba, seleksi dan perakitan instrumen, administrasi instrumen dan penulisan skala dan norma. Teknik analisis data menggunakan angket validasi ahli dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian yang diperoleh: pertama validasi ahli materi mendapat persentase akhir sebesar 82% dengan kriteria sangat layak, ahli media mendapat persentase akhir sebesar 83% dengan kriteria sangat layak, ahli bahasa mendapat persentase akhir sebesar 84% dengan kriteria sangat layak, dan yang kedua hasil persentase akhir respon peserta didik sebesar 81% dengan kriteria sangat menarik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa KAHOOT sangat layak digunakan sebagai alat evaluasi pada pembelajaran matematika