Efektivitas Metode Pembelajaran Quantum Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Kelas X MA Nurul Islam Gunung Sari Ulubelu Tanggamus

Abstract

Abstract: The purpose of this study is to determine the effectiveness of physics learning by using the method of learning quantum learning to the ability of high-level thinking of learners. This research is a kind of quasy experiment research. Sampling technique is done with porposive sampling technique. To measure and know the ability of high-level thinking learners are tested with essay problem amounting to 8. The result of analysis stated that there is difference of mean of high level thinking ability of learners using quantum learning method with direct learning. This is evidenced from the acquisition of sig value of 0.02 which means the value of sig <0.05 which means the average posttest of the experimental class is not equal to the mean value of the control class posttest. Then it can be concluded that, the study of physics with the method of quantum learning more Effective against high-order thinking skills. The effectiveness of quantum learning method can be known from the value of the effect size obtained by 0.2 included in the medium category. This means that the quantum learning method influences the ability of high-level thinking on the subjects of physics learners class X. Abstrak: Tujuan  penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran fisika dengan  menggunakan  metode pembelajaran quantum learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasy experimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Untuk mengukur dan mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dilakukan  tes dengan soal essay berjumlah 8. Hasil analisis menyatakan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik  menggunakan metode quantum learning dengan pembelajaran langsung. Hal ini dibuktikan dari perolehan nilai sig sebesar 0,02 yang berarti nilai sig < 0,05 yang artinya rata-rata posttest kelas eksperimen tidak sama dengan nilai rata-rata posttest kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran fisika dengan metode quantum learning lebih efektif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. Keefektifan metode quantum learning dapat diketahui dari nilai effect size yang diperoleh sebesar 0,2 termasuk dalam kategori sedang. Artinya metode quantum learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi pada mata pelajaran fisika peserta didik kelas X.