Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap Keterampilan Proses Belajar Fisika Siswa Pokok Bahasan Suhu dan Kalor

Abstract

Abstract: This research aim to know influence model POE to skill of process learn educative participa. Research type which have been done/conducted in this research is experiment quasy with design grup control posttest desain. Population at research amount to 193 educative by participant of class of XI MIA MAN 2 Bandar Lampung.With class sampel of XI MIA 2 as class control and XI MIA 1 as experiment class.Technique intake of sampel done/conducted with technique of simple sampling.Random to measure skill of process learn done/conducted by educative to be participant of tes with problem of is break down of (essay) amount to 15 for the trytest of valid problem and amount to 10 problem. To know model executed of POE in doing/conducting observation. Hypothesis test used to know, there or not him influence model POE to skill of process learn educative participant, after analysed with uji-t use by thitung>ttabel (0,05) that is with value 5,367>1,992. This matter indicate that model POE have an affect on to understanding of educative participant concept. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model POE terhadap keterampilan proses belajar peserta didik. Jenis penelitian yang telah dilakukan dalam penelitian ini adalah quasy experiment dengan desain posttestcontrolgrup design.Populasi pada penelitian berjumlah 193 peserta didik kelas XIMIA MAN 2 Bandar Lampung. Dengan sampel kelas XI MIA 2  sebagai kelas kontrol dan XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling.Untuk mengukur keterampilan proses belajar peserta didik dilakukan tes dengan soal uraian (essay)berjumlah 15 untuk diujicobakan dan soal yang valid berjumlah 10 soal. Untuk mengetahui keterlaksanaan model POE di lakukan observasi. Uji hipotesis digunakan untuk mengetahui, ada atau tidaknya pengaruh model POE terhadap keterampilan proses belajar peserta didik, setelah dianalisis dengan menggunkan uji-t didapat thitung>ttabel(0,05) yaitu dengan nilai 5,367>1,992. Hal ini menunjukkan bahwa model  POE berpengaruh terhadap pemahaman konsep peserta didik.