Pengaruh Penggunaan Metode Drill pada Materi Kalor terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa
Abstract
The purpose of this research was (1) the difference of the students’ cognitive study results that used drill method and lecture method; (2) the effect of using drill methods concerning about the study result of learning in class X MAN 1 Bandar Lampung. This was a quasi-experiment research with Pretest-Posttest Control Group Design. The population was all of X grade students of MAN 1 Bandar Lampung. Taking sample in this research was done by cluster random sampling technique, so X MIA4 was chosen as the experimental class and X MIA1 was chosen as the controlling class. The Instrument used in this research consist of pretest and posttes question. Then, the technique of analysing data used T-test and regression. The results of this research show that (1) there was a difference of the student’ cognitive study results that used drill and lecture method with significance of t-test 0,033; (2) there was an effect of using drill method concerning about the students’ cognitive study result with coefficient of regression 0,758.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang diajar menggunakan metode drill dengan siswa yang menggunakan metode ceramah; (2) pengaruh penggunaan metode drill terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X MAN 1 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pretest posttest control group design. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas X MAN 1 Bandar Lampung. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, sehingga terpilih kelas X.MIA4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.MIA1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah soal pre-test dan soal post-test. Teknik analisa data menggunakan uji-t dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang diajar menggunakan metode drill dengan siswa yang menggunakan metode ceramah yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi pada uji t sebesar 0,033; (2) terdapat pengaruh penggunaan metode drill terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X MAN 1 Bandar Lampung yang ditunjukkan oleh koefisien regresi positif sebesar 0,758.