Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Fisika

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research), yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tindakan dilakukan untuk meningkatkan aktivitas belajar, keterampilan sosial dan hasil belajar fisika melalui pengajaran dan pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode diskusi dan eksperimen yang dilangsanakan dalam tiga siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Darul Arqam Gombara Makassar kelas VII Putri. Analisis data dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan didukung dengan analisis kuantitatif dengan menghitung rata-rata kelas, ketuntasan belajar individu dan ketuntasan belajar klasikal. Hasil analisis deskriptif dikelompokkan ke dalam kategori sangat rendah, rendah, sedang, tinggi, dan sangat tinggi, dengan mengacu pada tabel distribusi frekuensi. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar fisika. Dari hasil  penelitian ini diperoleh data bahwa, Aktivitas belajar peserta didik selama pengajaran dan pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode diskusi dan eksperimen berlangsung telah sesuai yang diharapkan, begitu pula dengan hasil belajar fisika peserta didik mengalami peningkatan  yakni rata-rata skor peserta didik pada siklus I 55,8, siklus II 66,5 dan siklus III 79,3. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pengajaran dan pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode diskusi dan eksperimen dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar fisika peserta didik kelas VII Putri SMP Darul Arqam Gombara Makassar.Kata Kunci: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe STAD, PTK