Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri Disertai Handout: Dampak Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 1 Batang Anai Padang Pariaman
Abstract
This research is motivated on yet optimal learning physics, so it leads to student lower learning outcomes. One way that can be done to solve the problem is to use methods of inquiry learning with handouts. The problems of this study is there any effect of applying inquiry learning methods with handouts on physics learning outcomes at class X MIA SMAN 1 Batang anai. The purpose of this study was to determine the effect of applying inquiry learning methods with handouts. The study population was all students of grade X MIA SMAN I Batang Anai enrolled in the Academic Year 2014/2015. The instrument used in this study is an objective test and observation sheet. Test data analysis used to test the hypothesis is t test. The conclusion of this study is there any effect of applying inquiry learning methods with handouts on physics learning outcomes at class X MIA SMAN 1 Batang Anai.Penelitian ini dilatarbelakangi belum optimalnya pembelajaran fisika, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah menggunakan metode pembelajaran inkuiri disertai handout. Rumusan masalah dalam penelitian ini Apakah terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran inkuiri disertai handout terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X MIA SMAN 1 Batang Anai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran inkuiri disertai handout. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X MIA SMAN I Batang Anai yang terdaftar dalam Tahun Pelajaran 2014/2015. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif dan lembar observasi. Uji analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran inkuiri disertai handout terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X MIA SMAN 1 Batang Anai.