Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Inquiring Minds Want To Know di SMP Negeri 17 Kota Jambi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran aktif tipe inquiring minds want to know dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa di kelas VIIID SMP Negeri 17 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata aktivitas siswa meningkat dari 48,04% pada siklus I menjadi 70,03% pada siklus II dan 84,19% pada siklus III. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 5,13 dengan jumlah siswa yang berhasil sebanyak 22 orang (52,38%) pada siklus I menjadi 6,12 dengan jumlah siswa yang berhasil sebanyak 30 orang (71,43%) pada siklus II dan menjadi 7,01 dengan jumlah siswa yang berhasil sebanyak 36 orang (85,71%) pada siklus III. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe inquiring minds want to know dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa di kelas VIIID SMP Negeri 17 Kota Jambi pada pokok bahasan cahaya dan alat-alat optik.Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, strategi pembelajaran aktif tipe inquiring minds want to kno