PERILAKU BERPINDAH (SWITCHING BEHAVIOUR) NASABAH NON MUSLIM DI BANK SYARIAH MANDIRI KOTA METRO LAMPUNG

Abstract

Berganti perilaku adalah bagian dari perilaku konsumen, memahami peralihan perilaku tidak kalah penting daripada memahami perilaku konsumen. Peralihan perilaku yang dialami oleh konsumen sangat menarik untuk dipahami karena perbedaan prinsip agama di atasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku konsumen non muslim di kota Metro dalam memilih bank Islam dan mengungkap perilaku switching konsumen non muslim di bank syariah kota Metro. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku konsumen non muslim pada umumnya mereka tidak begitu paham tentang sistem di Bank Islam. Selain itu, pertimbangan konsumen non-muslim dalam memilih bank syariah adalah sistem layanan di bank syariah tidak kalah dengan bank konvensional tersebut, keberadaan kelompok referensi juga merupakan alasan konsumen non-muslim dalam memilih bank. Sementara, peralihan perilaku yang dilakukan oleh konsumen non muslim karena program pembagian keuntungan, layanan, fasilitas dan reputasi bank syariah lebih kompetitif