PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI DAN MINAT SEBAGAI VARIABEL MODERATING (SURVEI PADA MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS JAMBI)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan kepercayaan diri dan minat sebagai varaiabel moderasi. Responden pada penelitian ini berjumlah 145 mahasiswa akuntansi Universitas Jambi, tingkat pemahaman akuntansi pada penelitian ini di proksikan dengan nilai mata kuliah PAK I, PAK II, AKI I, AKI II, AKL I, AKL II, dan AKM. Penelitian ini menggunakan pengujian hipotesis berupa regresi sederhana dan moderating regression analysis (MRA) untuk mendapatkan hasil pengujian regresi, maka data kuisioner yang didapatkan dalam bentuk dat ordinal fi transformasikan ke data interval dengan menggunakan alat method of succesive interval (MSI). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Serta kepercayaan diri berpengaruh terhadap hubungan antara kecerdasan emsional terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan minat tidak berpengaruh terhadap hubungan antara kecerdasan emosinal dengan tingkat pemahaman akuntansi.