MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK (LISTENING SKILL) PESERTA DIDIK KELAS XII SMA NEGERI 2 KAMPAR MELALUI PRONUNCIATION “ODD ONE OUT” GAMES PADA TEKS EXPLANATION TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan menyimak pada pesetra didik pada tingkatan SMA. Permasalahan penelitian ini adalah “Seberapa efektifkah penggunaan Pronunciation Odd One Out Games pada pembelajaran peserta didik kelas XII IPA 2 dalam meningkatkan kemampuan menyimak (listening skill) pada teks explanation di SMA Negeri 2 Kampar ?.” Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menyimak (listening skill) pada mata pelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 2 Kampar dapat ditingkatkan melalui metode games “Pronunciation Odd One Out Games” diawal pembelajaran model pembelajaran. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah 1) penggunaan metode permainan adalah clue atau jalan keluar bagi masalah yang selama ini terjadi di kalangan peserta didik terhadap mata pelajaran Bahasa Inggris karena metode ini dapat menimbulkan atmosfir yang baik selama proses belajar mengajar berlangsung di dalam kelas. 2) Penggunaan metode games “Pronunciation Odd One Out Games” diawal pembelajaran model pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan menyimak (listening skill) pada mata pelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 2 Kampar pada materi news item Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar guru menggunakan metode games “Pronunciation Odd One Out Games” diawal pembelajaran model pembelajaran sebagai salah satu alternatif mengatasi kesulitan peserta didik dalam menyimak (listening skill)