PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK THINK PAIR SQUARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA ( FISIKA ) SISWA KELAS VIII-2,SMP NEGERI 3 PASIR PENYU TAHUN AJARAN 2015 / 2016
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar IPA ( fisika ) siswa sebelum dan sesudah dilaksanakan penerapan pembelajaran kooperatif dengan teknik Think Pair Square (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar IPA ( fisika ) siswa kelas VIII2 SMP Negeri 3 Pasir Penyu tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 24 orang siswa dengan 10 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan dengan kemampuan heterogen. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dan kesadaran guru untuk menerapkan suatu model pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 8 Pebruari 2016 sampai dengan 2 Maret 2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik pengamatan dan tes. Lembar pengamatan akan dianalisis secara deskriptif naratif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tentang aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran berlangsung, sedangkan tes hasil belajar akan dianalisis dengan analisis Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan analisis nilai Rata-Rata, untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran kooperatif dengan teknik Think Pair Square (TPS). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA ( fisika ) siswa kelas VIII2 SMP Negeri 3 Pasir Penyu. Hal tersebut juga terlihat pada analisis rata-rata hasil belajar siswa pada skor dasar,ulangan harian I dan ulangan harian II, dimana nilai rata-rata hasil belajar siswa pasa skor dasar adalah 56.5, pada ulangan harian I nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 64.99, dan pada ulangan harian II nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 72.22. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif dengan teknik Think Pair Square (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar IPA ( fisika ) pada siswa kelas VIII2 SMP Negeri 3 Pasir Penyu tahun ajaran 2015/2016