PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF JEOPARDY REVIEW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN KOLOID DI KELAS XI MIA 6 MAN 2 PEKANBARU SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Abstract

Strategi pembelajaran aktif Jeopardy Review merupakan suatu strategi peninjauan kembali dengan permainan Jeopardy. Tujuan penelitian untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar peserta didik melalui pembelajaran aktif Jeopardy Review. Jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), dilaksanakan dengan kolaborasi peneliti, guru dan keaktifan siswa. Subjek penelitian peserta didik kelas XI MIA 6 di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 31 orang. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi dan tes. Hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh aktivitas belajar peserta didik siklus I sebesar 57,65% dan meningkat pada siklus II menjadi 70,81%. Persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik meningkat dari 61,29% pada siklus I menjadi 83,87% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian hipotesis dapat diterima. Kepada guru kimia disarankan agar memilih strategi mengajar yang tepat dalam mengatasi permasalahan dikelasnya, sesuai dengan materi pelajaran dan situasi peserta didik dalam kelas serta melakukan pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan pada materi yang bersifat hafalan agar peserta didik mudah dalam mengigat materi tersebut