MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 KAMPAR TIMUR DALAM MENENTUKAN FUNGSI SOSIAL, STRUKTUR TEKS, DAN UNSUR KEBAHASAAN TEKS DESKRIPTIF MELALUI SHERLOCK HOLMES’ CLUES GAME PADA TEKS DESKRIPTIVE TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstract
Penelitian ini berdasarkan permasalahan “Seberapa efektifkah penggunaan Sherlock Holmes’ Clues game dalam meningkatkan kemampuan peserta didik kelas X SMAN 1 Kampar Timur TP.2017/2018 dalam menentukan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks deskriptif?”Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan Sherlock Holmes’ Clues game dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menentukan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks deskriptif. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas X. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari rata-rata 54% pada saat pre test menjadi 70,57% pada saat post test siklus I dan meningkat menjadi 82,23% pada post-test siklus II. Simpulan dari penelitian ini Sherlock Holmes’ clues game dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menentukan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks deskriptif