PROFIL PEMAHAMAN KONSEP SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL LUAS DAN KELILING LINGKARAN

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal luas dan  keliling lingkaran. Tujuan Penelitian ini untuk mendiskripsikan profil pemahaman siswa kelas VI berdasarkan objek-objek matematika dalam menyelesaikan soal luas dan keliling lingkaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah terdapat 23 %  siswa berkemampuan matematika tinggi yang memahami konsep lingkaran berdasarkan ke empat objek-objek matematika dengan baik yaitu fakta, konsep, prinsip, dan keterampilan matematika, 43 % siswa berkemampuan matematika sedang yang memahami soal lingkaran berdasarkan tiga objek-objek matematika dengan baik yaitu fakta, konsep dan prinsip matematika, dan 34 % siswa berkemampuan matematika rendah memahami masalah lingkaran berdasarkan satu objek matematika yaitu fakta matematika. Melalui penelitian ini, guru dapat mengetahui pemahaman siswa pada materi lingkaran dan pemahaman tersebut menyebabkan siswa terbiasa untuk menyelesaikan soal luas dan keliling lingkaran.