KEMAMPUAN PEMAHAAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT

Abstract

Kenyataan di lapangan siswa sering mengalami kesulitan dalam kegiatan pembelajaran matematika, di antaranya adalah kurang tepat dalam memilih prosedur, mengaplikasikan konsep yang telah diajarkan jika diberikan soal cerita, dan kurangnya motivasi dalam belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi segiempat. Penelitian ini dilaksanakan pada sekolah SMPN 3 Tambang dengan populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dengan jumlah sampel sebanyak 28 orang siswa. Instrumen yang akan digunakan berupa soal tes kemampuan pemahaman matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kualitatif dan data yang didapat akan dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa SMPN 3 Tambang pada materi segiempat dalam soal nomor 1, 2, dan 3 masih tergolong sedang dan soal nomor 4 tergolong rendah. Sehingga pendidik dapat menemukan solusi permasalahannya dan memperbanyak latihan-latihan soal.