IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MTs PADA MATERI SPLDV
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan pendekatan kontekstual yang diterapkan oleh guru dalam pembelajaran matematika di dalam kelas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) melalui dua siklus yang terdiri dari dua pertemuan di setiap siklusnya. Prosedur yang dilakukan dalam setiap siklus adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di salah satu MTs Negeri di Cimahi sebanyak 31 orang, terdiri dari 14 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terjadi peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan peningkatan siklus I rata-rata nilai 58,87 dengan persentase 32,26% dan siklus II rata-rata nilai yang dicapai sebesar 82,07 dengan persentase 77,42%; (2) aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran sudah cukup baik dari tiap siklus, namun masih ada kekurangan yang belum dapat diperbaiki.