MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY GUIDED

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan  kemampuan berfikir kreatif matematik siswa Sekolah Menengah Kejuruan  yang menggunakan  model pembelajaran Inquiry Guided berbantuan dengan pembelajaran biasa. Metode penelitian yang digunakan adalah  metode Kuantitatif dengan disain postest only. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berfikir kreatif  matematik. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS 17 untuk mengetahui perbandingan antara kelas ekperimen dengan kelas kontrol. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TSM A yang menggunakan pembelajaran dengan model Inquiry Guided  dan kelas XI TKR A yang menggunakan  pembelajaran biasa. berdasarkan penelitian siswa smk yang kami tela’ah bahwa kita dapat simpulkan pencapaian kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah menengah kejuruan yang pembelajaran menggunakan model inquiry guided lebih tinggi  signifikannya dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa dan dapat berpengaruh positif dalam prestasi siswa dalam proses pembelajaran matematik.