MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY GUIDED
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan berfikir kreatif matematik siswa Sekolah Menengah Kejuruan yang menggunakan model pembelajaran Inquiry Guided berbantuan dengan pembelajaran biasa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Kuantitatif dengan disain postest only. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berfikir kreatif matematik. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS 17 untuk mengetahui perbandingan antara kelas ekperimen dengan kelas kontrol. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TSM A yang menggunakan pembelajaran dengan model Inquiry Guided dan kelas XI TKR A yang menggunakan pembelajaran biasa. berdasarkan penelitian siswa smk yang kami tela’ah bahwa kita dapat simpulkan pencapaian kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah menengah kejuruan yang pembelajaran menggunakan model inquiry guided lebih tinggi signifikannya dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa dan dapat berpengaruh positif dalam prestasi siswa dalam proses pembelajaran matematik.