EFEKTIFITAS LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) MATERI STATISTIKA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Abstract

Berdasarkan observasi dikelas VIII sekolah menengah pertama negeri di Kabupaten Bandung Barat, metode pembelajaran yang digunakan pada proses pembelajaran belum bervariasi, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam berkomunikasi baik dalam bentuk lisan mau pun tulisan, aktifitas siswa dinilai kurang selama berjalannya proses pembelajaran didalam kelas serta belum maksimalnya perangkat pembelajaran selama berada didalam kelas. Penelitian ini merupakan model penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk menganalisis efektifitas lembar kerja siswa (LKS) berbasis pendekatan RME pada materi statistika. Penelitian ini dilaksanakan disalah satu sekolah menengah pertama di kabupaten bandung barat pada bulan oktober tahun 2018, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII dengan jumlah siswa 33 orang. Hasil validasi dari ahli materi sebesar 75,657 % dengan kriteria layak digunakan namun revisi, ahli media sebesar 73,148 % dengan kriteria layak digunakan namun revisi, ahli bahasa sebesar 71,666 % dengan kriteria layak digunakan namun revisi, dan respon siswa terhadap LKS sebesar 83,080 % dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpilkan LKS berbasis pendekatan RME pada materi statistika layak digunakan untuk memaksimalkan pembelajaran.