MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX SMP N 3 SIAK HULU PADA MATERI TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan model pembelajaran picture and picture dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX SMP N 3 Siak Hulu pada Tahun Pelajaran 2017/2018 dalam materi teks procedure. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris khusus nya teks procedure mengalami peningkatan setelah dilakukan dua kali perbaikan (dua siklus). Perbaikan tersebut dapat terlihat dari hasil koqnitif siswa dan hasil observasi guru terhadap keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran. Pada pada siklus I belum tercapai ketuntasan belajar sesuai dengan KKM yang telah ditetapkan. Hal ini disebabkan karena guru belum menguasai langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran picture and picture dengan baik. Namun dapat dijadikan sebagai bahan refleksi untuk perbaikan pembelajaran pada siklus berikutnya. Pada siklus berikutnya telah terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan. Adanya peningkatan hasil belajar tersebut merupakan dampak dari perbaikan metode pembelajaran yang dilakukan, dimana guru telah benar-benar memahami model pembelajaran picture and picture sehingga siswa dapat memahami mengenai materi dan tingkat keaktifan siswa pun meningkat.