MENERAPKAN STRATEGI QSH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BARISAN DAN DERET ARITMETIKA DAN GEOMETRI SISWA KELAS XII IPS4 SMA NEGERI 7 PEKANBARU TAHUN 2018

Abstract

Berdasarkan hasil observasi terhadap proses pembelajaran di kelas XII IPS4 SMA Negeri 7 Pekanbaru, terlihat bahwa guru melakukan metode pembelajaran yang hampir sama setiap kali mengajar, yaitu menjelaskan materi, memberi contoh soal, memberi latihan, dan penugasan. Guru pernah membentuk siswa bekerja dalam kelompok, namun dalam kelompok tersebut tidak tercipta kerjasama antar siswa. Hasil observasi juga menunjukkan bahwa siswa tergolong pasif, hanya beberapa orang siswa saja yang aktif bertanya dan menjawab, sedangkan yang lainnya hanya diam. Sikap siswa yang tidak mau bertanya tersebut menyebabkan guru tidak mengetahui dimana letak ketidak-mengertian siswa terhadap materi pelajaran yang telah dijelaskan. Dari wawancara dengan beberapa orang siswa kelas XII SMA Negeri 7 Pekanbaru diperoleh informasi bahwa sebagian siswa merasa takut untuk bertanya, sebagian lagi merasa malu, dan ada juga yang tidak bisa mengungkapkan pertanyaan secara lisan walaupun ada hal yang tidak dipahaminya. Kondisi seperti ini apabila terus menerus berlangsung, tentunya akan berpengaruh terhadap tingkat pemahaman siswa dan hasil belajarnya. Berdasarkan uraian di atas, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan menerapkan Strategi QSH untuk meningkatkan hasil belajar Barisan dan Deret Aritmetika dan Geometri siswa kelas XII IPS4 SMA Negeri 7 Pekanbaru tahun 2018.