PEMBERIAN PEKERJAAN RUMAH (PR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI KELAS XII MEKANISASI PERTANIAN SMK NEGERI 1 PASIR PENYU TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik pengamatan dan tes. Lembar pengamatan akan dianalisis secara deskriptif persentase yang bertujuan untuk mendeskripsikan tentang aktivitas peserta didik dan guru selama proses pembelajaran berlangsung, sedangkan tes hasil belajar akan dianalisis dengan analisis Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan analisis nilai rata-rata, untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar peserta didik sesudah dilaksanakan pemberian Pekerjaan Rumah (PR). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kimia peserta didik kelas XII Mekanisasi Pertanian SMK Negeri 1 Pasir Penyu. Besarnya peningkatan hasil belajar yang diperoleh dari pemberian pekerjaan rumah (PR) adalah nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada Siklus I dari 70,00 menjadi 76,43 sebesar 6.43 poin. Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada Siklus II dari 76,43 menjadi 84,29 sebesar 7.86 poin. Rata-rata peningkatan nilai hasil belajar peserta didik adalah 7,14 poin. Peningkatan ketuntasan hasil belajar peserta didik pada Siklus I dari 28 orang peserta didik yang tuntas 10 orang (35,71% ) menjadi 18 orang (64,29% ) peningkatannya 8 orang ( 28,58%). Peningkatan ketuntasan hasil belajar peserta didik pada Siklus II dari 18 orang (64,29%) menjadi 26 orang (92,86% ) peningkatannya 8 orang (28,58%). Rata-rata peningkatan ketuntasan hasil belajar peserta didik adalah sebesar 8 orang (28,58%)