HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH DENGAN PERILAKU SISWA DI LINGKUNGAN SMK NEGERI 1 PERANAP KABUPATEN INDRAGIRI HULU
Abstract
Lingkungan sangat besar sekali dalam membentuk prilaku anak sebagaimana diharapkan. Tidak jarang anak mendapatkan nama yang baik didukung oleh lingkungan yang baik pula, dan sebaliknya tidak sedikit anak yang mengalami kemerosotan moral dan tingkah laku karena dipengaruhi oleh lingkungan yang tidak baik. Perilaku akan berwujud semakin sempurna apabila seseorang senantiasa menerima pendidikan dan pengaruh-pengaruh dari luar atau lingkungan sekitarnya. Penelitian ini penulis lakukan di SMK Negeri 1 Peranap Kabupaten Indragiri Hulu. Sedangkan waktu penelitian ini dilaksanakan selama 4 bulan Februari sampai sampai dengan Mei 2016. Dalam penelitian ini yang dijadikan populasi adalah seluruh siswa kelas II SMK Negeri 1 Peranap Kabupaten Indragiri Hulu yang berjumlah 315 siswa. Untuk memperoleh informasi atau data-data lengkap yang diperlukan dan untuk menguji hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini, maka digunakan teknik engumpilan data dengan teknik Observasi, Teknik wawancara dan teknik angket. Sedangkan teknik analisis data yang dipakai adalah analisa Regresi dan uji linearitas regresi. Hasil penelitian dalam hal ini menunjukan adanya pengaruh lingkungan terhadap hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Peranap. Besar pengaruh tersebut adalah sebesar 46,46% atau semakin tinggi prestasi prestasi belajar siswa maka semakin baik perilaku siswa di lingkungan SMK Negeri 1 Peranap Kabupaten Indragiri Hulu atau sebaliknya.